Rabu, 05 Oktober 2011

Sejarah Virus

Virus tercipta bersamaan dengan computer. Pada tahun 1949, seorang pencipta computer, John von Newman, yang juga menciptakan Electronic Discrete Variable Automatic Computer      [ EDVAC ]. Memaparkan sebuah makalahnya yang berjudul Theory and Organization of Complicated Automata. Dalam makalah tersebut dibahas tentang kemungkinan program yang dapat menyebar dengan sendirinya.
Virus yang pertama kali muncul didunia bernama Elk – Corner lahir kira – kira tahun 1981 di Texas. Menyebar melalui disket Apple II yang ada operating systemnya. Sang perusak ini mendisplay pesan dilayar : “it will get on all your disks – it will infiltrate your chips – yes it is Cloner! – it will to you like glue – it will modify RAM too – send in the Cloner!.
Nama virus itu sendiri baru dibeberkan setelah 2 tahun kelahirannya oleh Len Adleman pada 3 November 1983 dalam sebuah seminar yang membahas tentang Cara membuat virus dan Cara memproteksi diri dari virus. Tapi orang – orang sering menganggap bahwa virus yang pertama kali muncul adalah Virus Brain yang justru lahir tahun 1986. Wajar saja, soalnya virus ini yang paling menggemparkan dan paling meluas penyebarannya karena menjalar melalui disket DOS yang lagi ngetren pada saat itu.
Sementara virus berkembang, indonesia juga mulai terkena wabah virus. virus komputer ini pertama menyebar di Indonesia pada tahun 1988. pada saat itu, virus tersebut bernamavirus Pakistan yang sempat menggemparkan seluruh pemakai komputer di Indonesia.
Pada tahun 1987, virus komputer generasi kedua, yaitu Cascade, merupakan virus residen pertama yang terenkripsi dalam file. kemudian pada tahun 1989, virus polimorf pertama ditemukan . dikenal dengan V2Px atau Washburn. virus semacam ini dapat terus mengubah diri menjadi sebuah varian baru. pada tahun berikutnya, virus DIR II menggunakan cara baru untuk menginfeksi program dengan menyerang entri - entri FAT. 
Pada tahun 1991 diadakan sebuah lomba pembuatan program virus. Akibatnya, jumlah virus baru yang ditemukan semakin banyak. Sampai saat ini virus – virus baru terus bermunculan dangan segala jenis variasinya.